Minggu, 28 November 2010

HEM BSI UAS


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat, khususnya dalam dunia komputer. Saat ini komputer merupakan hal yang sangat penting bagi dunia usaha, dimana semuanya dapat dijalankan secara otomatis dan juga hasil yang didapat jauh lebih akurat. Karena kemampuannya yang dapat mengolah data dengan cepat, efisien, dan menghasilkan informasi yang akurat relevan, dan tepat waktu, mulai dari proses input, pengolahan, output, serta penyimpanan data yang semuanya serba sistematis dan terkontrol sehingga memudahkan setiap individu, atau organisasi manapun untuk mengevaluasi, maupun perencenaan kerja selanjutnya. Kelebihan teknologi komputer inilah yang mendorong diterapkannya system komputerisasi di segala bidang. Salah satu contohnya dalam bidang pendidikan.
Sistem pendidikan dewasa ini dikembangkan dan diarahkan untuk menjadi sistem pendidikan dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pusat kegiatan penelitian yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang . Lembaga pendidikan bertanggung jawab untuk menghantarkan seorang  siswa untuk mencapai sukses di lapangan kerja dan menerapkan ilmu serta memiliki kepekaan sosial yang cukup untuk menganalisa, mengevaluasi, dan menciptakan sesuatu yang positif.
Lembaga pendidikan khususnya sekolah menengah kejuruan dikembangkan dan diarahkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan generasi - generasi yang melek teknologi dan siap pada tantangan dunia kerja pada masa mendatang. Proses belajar dan mengajar disekolah pada umumnya tidak terlepas dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai jembatan para siswa untuk mengenali globalisasi informasi dunia. Maka dari itu, riset kami itu akan menyoroti penggunaan teknologi disekolah sebagai lembaga pendidikan.



1.2. Pembatasan Masalah

Mengingat luasnya masalah yang dibahas pada makalah ini maka kami membatasi masalah pada makalah ini hanya pada penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di salah satu  sekolah menengah kejuruan yang ada di Jakarta yaitu SMK Negeri 41 Jakarta .
           
Alasan mengapa kami memilih SMK Negeri 41 Jakarta sebagai tempat riset karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMK Negeri 41 sudah  berkembang adanya. Baik sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar para siswanya, efektivitas dan efisiensi pekerjaan para staff Tata Usaha dan guru, dan sarana komunikasi sekolah dengan dunia luar (masyarakat).

            Pada makalah ini, kami akan membahas secara mendalam dan mendetail tentang penggunaan produk-produk teknologi di SMK Negeri 41 Jakarta . Mulai dari perangkat keras (Hardware) yang meliputi komputer,  jaringan komunikasi, jaringan komunikasi dengan satelit, net tools, Perangkat Lunak (Software) yang meliputi DSS, E-commerce, Sistem Pakar,  Office Automation, dan penggunaan internet .

            Dalam penyusunan makalah ini penulis memberikan pembatasan masalah diantaranya yaitu :

  1. Jumlah komputer yang digunakan di SMK Negeri 41  Jakarta.
  2. Software apa saja yang dipakai.
  3. Penggunaan internet.
  4. Aplikasi apa saja yang dipakai.
  5. Materi pembelajaran mengenai TIK.  



1.3. Tujuan Penulisan Makalah

            Tujuan dalam penyusunan makalah ini adalah sebagai tugas UAS semester ganjil mata kuliah PTIK dan membangun sebuah aplikasi pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lembaga pendidikan.
Adapun manfaat dari penyusunan makalah ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah, dan diharapkan aplikasi ini nantinya dapat diimplementasikan dan dikembangkan lagi di dalam dunia pendidikan, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi.



1.4.  Metodologi Penulisan Makalah

            Metodologi penelitian yang kami gunakan, yaitu :

  1. Studi Kepustakaan.
Kami menggunakan buku-buku , artikel, referensi, serta modul-modul mata kuliah yang berisi dan berkaitan dengan permasalahan yang dibahas.

  1. Pengumpulan data.
Kami mengumpulkan data – data yang diperlukan yang berkenaan dengan isi dari makalah yang akan kami buat .

  1. Metode wawancara.
Kami melakukan wawancara dengan cara tanya jawab dengan narasumber secara interaktif. Narasumber yang dipilih merupakan orang yang kompeten pada bidangnya terutama ilmu pengetahuan dan teknologi.



1.5.  Sistematika Penulisan

          Sampul depan
          Kata Pengantar
Pendahuluan

1.1. Latar Belakang
1.2. Pembatasan Masalah
1.3. Tujuan Penulisan Makalah
1.4. Metodologi Penulisan Makalah
1.5. Sistematika Penulisan

Pembahasan

2.1 . Sejarah Singkat dan Profil Sekolah SMK Negeri 41 Jakarta
2.2 . Penggunaan Perangkat Keras (Hardware)
1.     Komputer
2.     Jaringan Komunikasi
3.     Jaringan Komputer
4.     Jaringan Komunikasi dengan Satelit
5.     Net Tools
2.3 . Penggunaan Perangkat Lunak (Software)
2.4. Penggunaan Internet

Penutup

3.1. Kesimpulan
3.2. Saran

Lampiran

4.1. Foto-foto Hasil Riset
4.2. Macam-macam Produk TIK di SMKN 41






BAB II
PEMBAHASAN


2.1.  Sejarah Singkat dan Profil Sekolah SMK Negeri 41 Jakarta

Berdirinya SMEA 23 (yang merupakan asal nama dari SMKN 41 Jakarta) :

Setelah kegiatan berlangsung kurang lebih 4 tahun maka, tepatnya pada tanggal 4 Februari 1982, pemerintah memberikan status mandiri kepada SMEA Negeri 4 kelas jauh (asal nama SMEA 23 Jakarta) dengan hak, kewajiban, tanggung jawab pengelolaan yang sama sebagaimana sekolah menengah kejuruan negeri yang lain. Adapun namanya di ubah dari SMEA Negeri 4 kelas jauh menjadi SMEA Negeri 23 Jakarta, perubahan status ini diikuti pula dengan perubahan kepemimpinannya.

Perubahan nama menjadi SMK Negeri 41 Jakarta

Pada tahun 1996 oleh pemerintah di sederhanakan dan di lebur menjadi satu nama yakni SMK, sedangkan bidang keahliannya yang selama ini disandangnya dijadikan sub nama atau rumpun /bidang study. Sehubungan dengan penyatuan nama Sekolah Menengah Kejuruan, maka nama SMEA Negeri 23 Jakarta berubah menjadi SMK Negeri 41 Jakarta.

Dalam kesempatan ini, kami  mengadakan riset tentang Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah. Sekolah yang kami pilih adalah adalah SMK Negeri 41 Jakarta yang beralamat di Jalan Margasatwa Komplek Timah, Pondok labu, Jakarta Selatan. Sekolah ini mempunyai 4 jurusan yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Penjualan, dan Multimedia.



2.2.  Penggunaan Perangkat Keras (Hardware)

1.         Komputer

SMK Negeri 41 Jakarta menggunakan komputer dengan jenis PC (Personal computer) dan menggunakan laptop / natebook. PC (Personal Computer) sendiri digunakan sebagai sarana belajar mengajar para siswa, sedangkan laptop / netbook digunakan oleh para guru.

Untuk penggunaan komputer dalam kegiatan belajar mengajar, sekolah menyiapkan sekitar 41 (empat puluh satu) unit pc (personal computer) untuk kelas KKPI (Keterampilan Komunikasi dan Pengolahan Informasi) yaitu untuk jurusan Akuntansi, Adm. Perkantoran, dan Penjualan dan 36 (tiga puluh enam)  pc (personal computer)  untuk lab MM untuk jurusan Multimedia.

Selain untuk kelas KKPI dan kelas Multimedia, sekolah menyiapkan 4 unit pc (personal computer) untuk ruang editing, 8. unit pc ( personal computer) untuk ruang administrasi sekolah, 8 unit komputer untuk ruang browsing sedangkan untuk bank mini, koperasi, ruang 2 D (dua dimensi), BK (Bimbingan Konseling), ruang OSIS, ruang pramuka, ruang kepala sekolah, dan ruang wakil kepala sekolah masing-masing adalah 1 unit pc ( personal komputer) .

Di sekolah ini pun, para pengajar memfasilitasi diri mereka sendiri dengan laptop untuk mempermudah pekerjaan mereka seperti pengolahan nilai siswa, menyimpan materi pembelajaran siswa, dan lain sebagainya. Ada sekitar 40 pengajar yang menggunakan laptop.




2.  Jaringan Komunikasi
Jaringan komunikasi yang dipakai oleh SMK Negeri 41 Jakarta diantaranya adalah telepon, faximile, dan wireless. Semua itu digunakan untuk efisiensi dan ke efektifan pekerjaan para guru dan staff di sekolah. Selain itu juga sebagai sarana penunjang kegiatan belajar dan mengajar para siswa.    
 Telepon yang ada di SMK Negeri 41 Jakarta, berjumlah 9 (sembilan) buah yang masing-masing terletak di front office, ruang Tata Usaha (TU), ruang kepala sekolah, ruang wakil kepala sekolah, ruang guru, ruang perpustakaan, koperasi sekolah dan Bank Mini Sekolah. Semua telepon tersebut digunakan oleh sekolah sebagai media pertukaran informasi dari sekolah ke pihak luar.
Faximile yang ada disekolah tersebut hanya berjumlah 1 (satu) buah saja, yaitu hanya terdapat di ruang kepala sekolah, digunakan untuk pertukaran dokumen atau file yang penting dari sekolah ke pihak luar ataupun sebaliknya.
Untuk wireless berjumlah 2 (dua) buah yang terletak di lantai satu dekat koperasi dan satu lagi terletak di lantai dua, dekat dengan bank mini sekolah. Wireless mempermudah para siswa untuk melakukan koneksi ke internet sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar.

WIRELESS (Teknologi Tanpa Kabel)
Teknologi wireless merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat untuk mengganti teknologi jaringan lama yang masih menggunakan banyak kabel. Memakai teknologi wireless akan mendapatkan banyak keuntungan, pengguna tidak dibatasi ruang gerak, tetapi hanya dibatasi jarak akses jangkauan pemancar WiFi. Apabila ingin jangkauan yang lebih jauh, Anda bisa memanfaatkan perangkat khusus, seperti boster yang bisa berfungsi sebagai relay dan mampu menjangkau ratusan meter, bahkan beberapa kilometer ke satu arah (directional). Cara lain adalah memanfaatkan seperangkat acces point yang dapat saling me relay (bridge) kembali ke beberapa bagian atau titik, sehingga jarak jangkauan akan semakin jauh.


3.       Jaringan Komputer


            Jaringan komputer (computer network) dapat diartikan sebagai dua atau lebih komputer yang dihubungkan dengan menggunakan sebuah system komunikasi, melalui media transmisi atau media komunikasi hingga dapat saling berbagi data, aplikasi , dan berbagi perangkat keras.    
                                                                                                                              


Kita amati cara kerja diagram berikut.






Prinsipnya, data yang ada pada sebuah host dikirimkan melewati aturan (protocol yang ada), kemudian dilanjutkan melalui kartu jaringan dan media transportasi (wire atau wireless). Selanjutnya data diterima kembali oleh kartu jaringan sesuai dengan tujuan data, kemudian dicocokan dengan aturan yang berlaku, setelah itu data dapat diakses pada host tujuan.
                                                                                                                                 
  1.  Perlunya Jaringan Komputer
Awalnya komputer didefinisikan sebagai sistem yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak, sehingga brainware-nya. Namun saat ini, sebuah sistem sebuah sistem komputer didefinisikan perangkat keras perangkat lunak, dan jaringan, manusia tetap berdiri sebagai si pengelola yang membangun sistem, memberikan perintah, dan menjaganya. 

  1. Manfaat Jaringan Komputer

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dalam suatu jaringan komputer. Manfaat  – manfaat tersebut sebagai berikut :
    1. Jaringan komputer memungkinkan seseorang untuk mengakses file yang dimilikinya, atau file orang lainyang telah diijinkan untuk diakses, dimana pun dan kapan pun.
    2. Jaringan komputer memungkinkan proses pengiriman data berlangsung secara cepat dan efisien.
    3. Jaringan komputer memungkinkan adanya sharing hardware antar client-nya.
    4. Jaringan komputer memungkinkan seseorang berhubungan dengan orang lain di berbagai negara dengan menggunakan komunikasi via teks, gambar, audio, dan video secara real time.




  1. Tipe Jaringan
Beberapa tipe jaringan komputer sebagai berikut :
    1. Peer to peer (work grup).
Pada jaringan tipe ini semua komputer berkedudukan sama, dapat bertindak sebagai sebuah PC client (information requestor) maupun PC server (information provider).
    1. Client server (domain).
Pada jaringan tipe ini terdapat sebuah PC server yang berfungsi untuk mengatur dan membagikan informasi ke setiap PC client yang terhubung dengannya. Server (pelayan) menyediakan sarana pada client (pemakai jasa) untuk mengambil data, sharing perangkat keras,dan mengonfigurasi security pada suatu jaringan.
    1. Dump terminal.
Model jaringan ini menjadikan seluruh sistem terpusat ke server (sistem operasi, aplikasi, storage, dan media lainnya akan terpusat ke server). Hanya ada LAN card yang sudah dikonfigurasi agar waktu dinyalakan dapat langsung tersambung ke server.
Pada sisi client yanag menggunakan tipe jaringan ini, berupa komputer lama yang sudah tidak terpakai lagi, atau juga bisa membeli perangkat khusus yang ditunjukan untuk tipe jaringan model ini. Diantara contoh perangkat yang sering dipakai adalah office station, office star, dan optoma.







4. Jaringan Komunikasi dengan Satelit

Produk jaringan komunikasi dengan satelit yang digunakan oleh SMK Negeri 41 Jakarta adalah televisi & antena  . Televisi di sekolah tersebut berjumlah 2 (dua) buah saja, yang masing-masing terletak di ruang kepala sekolah dan di ruang guru. Televisi digunakan untuk memperoleh informasi dari dunia luar.                                                                


5. Net Tools

Di SMK Negeri 41 Jakarta,  terdapat 2 server dan 76 client yang terletak di kelas KKPI dan lab Multimedia. Komputer yang berlaku sebagai server menggunakan processor bertipe Quad core sedangkan komputer yang berlaku sebagai client menggunakan processor bertipe Core 2 Duo.  

Untuk menghindari pemakaian energi yang tidak bermanfaat, maka sekolah menggunakan radmin viewer agar tidak ada client (khususnya siswa) yang menggunakan komputer hanya untuk main – main. Pada dasarnya  radmin viewer berfungsi untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh client.











3.1.  Penggunaan Perangkat Lunak (Software)


Mengenai apa yang diajarkan atau dipelajari tentang penggunaan  Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kelas KKPI yang meliputi jurusan Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Penjualan., siswa diharapkan mahir dalam pengolahan data atau informasi dengan menggunakan beberapa software yang termasuk kedalam Office Automation antara lain yaitu Ms.Office, Ms. Power Point, Ms. Excel, Ms. Access dan MYOB V17.


Untuk program MYOB sendiri di gunakan agar siswa khususnya jurusan Akuntansi dapat mengolah data transaksi dengan lebih mudah, efektif, dan efisien. Sedangkan untuk kelas MM, yang di ajarkan adalah mengenai digital amaging, 2D, 3D, video editing, dan sound editing. Pada materi tersebut siswa di fasilitasi dengan program Adobe Collection cs 3.2, utility, PC tools (flash, corel draw, photoshop, dream weaver, in design, 3D max, pinnacle, uliet), dan sound  forge. Sekolah pun tak luput dari penyediaan penjagaan system dan data pada komputer dimana sekolah menggunakan anti virus seperti AVG, SMADAV, dan AVAS .

A. Tampilan MYOB v. 17


MYOB kepanjangan dari Mind Your Own Bussiness yang dibuat di Australia yang merupakan program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan MYOB Accounting versi 17 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama, yaitu pemasukkan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca, labarugi dan sebagainya.


b. Tampilan Coreldraw


Coreldraw adalah aplikasi design grafis yang digunakan untuk membuat berbagai macam design seperti logo, kartu nama, kalender, poster, stiker dan lain-lain.Bayangan orang awam, belajar Coreldraw sangat sulit, oleh karena itu banyak dibuka kursus design grafis dengan harga yang mahal.


c. Tampilan Adobe Photoshop


Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, Sotosop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe System.




d. Tampilan 3Ds Max


3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (Perangkat lunak) untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi dan animasi. ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.


e. Tampilan Dreamweaver


Macromedia Dreamweaver adalah sebuah HTML editor profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing, Dreamweaver mambuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tool-tool yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web.
3.2. Penggunaan Internet

Tak ketinggalan dari modernisasi teknologi dan informasi sekolah  menyertakan jaringan internet di dalam kurikulum sekolah .para siswa di harapkan agar terampil dalam pengolahan data dan informasi dengan browsing, blogger, e-mail, upload dan download.
Untuk kegiatan browsing khusus para siswa menggunakan web browser seperti mozilla firefox dan internet explorer, sedangkan khusus untuk para guru menggunakan web browser netscape navigator. Di dalam penggunaan internet sekolah menggunakan jaringan komunikasi berupa vasnet dengan kapasitas 2mbps dan wifi .
Penggunaan internet juga di aplikasikan dengan adanya web SMK Negeri 41 dengan alamat www.smkn41jkt.com yang bertindak sebagai sarana pertukaran informasi  sekolah dengan pihak luar, seperti contohnya :

  1. Pengenalan profil sekolah .
  2. Pengenalan jurusan yang ada di SMK Negeri 41 Jakarta termasuk juga biaya yang dikenakan oleh calon siswa baru maupun pindahan.
  3. Pengenalan ekstrakurikuler yang ada di sekolah tersebut.

Selain itu, web tersebut juga digunakan untuk komunikasi yang interaktif antara para siswa dengan kepala sekolah & wakilnya, para guru dan staff. Siswapun tidak segan-segan untuk memberikan kritik dan sarannya terhadap kinerja mereka.






BAB III
PENUTUP


3.1 KESIMPULAN

        Dengan selesainya pembuatan makalah ini maka kami ingin dapat menguraikan dan dapat mengambil kesimpulan antara lain :

  1. TIK sudah berkembang di dunia pendidikan
  2. Penggunaan TIK sangat bermanfaat untuk efektivitas dan efisiensi pekerjaan.
  3. Pendidikan di sekolah dikembangkan dan diarahkan menuju teknologi informasi dan komunikasi 



3.2 SARAN

Dari Kesimpulan diatas dapat diberikan saran sebagai berikut :

  1. Dengan adanya pen Gunaan TIK disekolah diharapkan penggunaannya yang baik agar tercipta pembelajaran yang barmutu.
  2. Penambahan wireless di sekolah agar lebih mempermudah akses internet bagi  para siswa.
 



 
BAB IV
LAMPIRAN

4.1. Foto Hasil Riset
                








Sesi wawancara

                                   





Sesi Pembelajaran dengan pemanfaatan TIK






Sesi kumpul bersama narasumber Bpk H. Budiman S.Kom











 4.2.  Macam-macam produk TIK di SMK Negeri 41


        

                                               
        







Tidak ada komentar:

Posting Komentar